Beranda POLITIK Bawaslu OKU dan Tim Gabungan Tertibkan APK Liar

Bawaslu OKU dan Tim Gabungan Tertibkan APK Liar

196
0
BERBAGI

Baturaja, Sriwijaya Media – Menjalankan tugas dan fungsi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Penertiban kali ini melibatkan petugas gabungan dari pihak TNI, Polri, Pol PP OKU, dan Dinas Perhubungan (Dishub) OKU.

“Hari ini kita melaksanakan perintah Undang-undang yang mengatur mengenai pelaksanaan Pilkada yakni melakukan penertiban APK liar atau yang terpasang bukan difasilitasi oleh pihak KPU OKU. Alhamdulillah, saya selaku Ketua Bawaslu OKU melakukan koordinasi bersama anggota Bawaslu OKU Kordiv HPP Anggi Yurmarta dan Kordiv Pengawasan, Yeyen Andrizal, TNI, kepolisian dan, Dishub, Pol PP untuk melakukan Penertiban,” kata Dewantara Jaya, didampingi Kordiv Pengawasan Hubal dan Humas Yeyen Andrizal serta Koorsek Bawaslu OKU Joinaidi, Jumat (25/9/2020).

Penertiban tersebut dilakukan kali ini secara serentak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten OKU.

Pihak Bawaslu mengerahkan seluruh kekuatan yang ada. Mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai kelurahan dan desa. Penertiban juga melibatkan pihak TNI, Kepolisian, Dishub OKU dan Pol PP OKU.

“Alhamdulillah giat hari ini berlangsung baik. Aman damai dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan berlaku,” jelasnya.

Dari penertiban tersebut, hasilnya banyak APK liar terpasang di bukan tempat yang sudah ditentukan. APK-APK yang terpasang ini bukan juga bukan yang difasilitasi oleh pihak KPU OKU.

“Selain melakukan pelepasan, kita juga melakukan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi aturan yang berlaku. Alhamdulillah masyarakat juga sudah memiliki kesadaran berpolitik apa yang disampaikan, dan tidak ada masalah sedikitpun saat melakukan penertiban. Semua berjalan lancar,” ujarnya.

Penertiban ini, lanjut Dewantara, dilaksanakan serentak di 13 kecamatan. Masing masing Panwascam kecamatan yang menjalankan. Walau begitu, kata Dewantara, jika masih ada yang tertinggal akan ditertibkan kembali.

“Sekarang tugas kami tidak terlalu berat, paslon juga cuma satu dan mereka sudah memiliki kesadaran berpolitik. Kita harap pilkada berjalan aman dan lancar,” terangnya.(rws)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here