Beranda SUMSEL Sekda Palembang Launching Beras Program PKH 

Sekda Palembang Launching Beras Program PKH 

202
0
BERBAGI

Palembang, Sriwijaya Media – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Drs Ratu Dewa mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Palembang Heri Aprian melaunching pembagian bantuan sosial (bansos) beras Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI), dipusatkan di Aula Kantor Camat Sukarame Palembang, Selasa (15/9/2020).

Sekda Palembang Ratu Dewa didampingi Kepala Dinsos Kota Palembang Heri Aprian mengatakan untuk penerima PKH ini diberikan selama 3 bulan, dimulai dari Agustus – Oktober 2020.

Setiap bulan, masih kata dia, penerima akan mendapatkan beras 15 Kilogram (kg). Secara total, penerima PKH sebanyak 52.495 dari data Kementerian.

“PKH menerima beras medium selama dua bulan. Satu kali lagi bulan depan. Ini merupakan bantuan dari pemerintah, dan kita hanya monitoring saja,” tegasnya.

Dia menambahkan sebenarnya PKH ini sudah berjalan sebelum pandemi. Sebelumnya sudah ada bantuan untuk anak sekolah, dan lanjut usia.

Hanya saja, ini ada tambahan beras saja yang dibagikan oleh Bulog. Teknisnya, dari Bulog dikirim kelurahan, nanti akan ada pendamping PKH yang akan membagikannya ke penerima keluarga pemanfaat.

“By name dan adress sudah ada dari pemerintah pusat dan ini merupakan bantuan seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Camat Sukarame Palembang Muhammad Fadli mengatakan penyerahan simbolis beras PKH dari Kemensos RI tahun 2020 diberikan ke perwakilan 50 Kepala Keluarga (KK) dari beberapa kelurahan di Kecamatan Sukarame.

“Dikecamatan kita ada 7 kelurahan. Output dari PKH sebenarnya adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu terdampak Covid-19,” ungkapnya.

Prosedur pemberian bantuan ini mulai dari masyarakat yang mengajukan ke Rukun Tetangga, lalu disampaikan ke kelurahan. Ketua RT sebenarnya adalah bagian mendata, dan mereka yang tahu kondisi warganya.

Untuk total penerima secara keseluruhan ada 100 KK di Kecamatan Sukarame. Sementara untuk bantuan miskin baru (misbar) yakni berada di Kelurahan Kebun Bunga, dan Kelurahan Sukajaya.(ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here