Beranda RAGAM Tak Kantongi NUKS, Kasek SMA/SMK Siap-Siap Diganti

Tak Kantongi NUKS, Kasek SMA/SMK Siap-Siap Diganti

263
0
BERBAGI

Palembang, Sriwijaya Media- Usai dilantik pada 7 September 2020 lalu, Kepala Sekolah (Kasek) SMA/SMK dan SLB wajib memiliki syarat Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) serta pernah menjadi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek).

Hal demikian dikataka. Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Emzen, S.Pd., MM., diruang kerjanya, Senin (14/9/2020).

Menurut dia, pada pelantikan Kasek SMA, SMK dan SLB pada 7 September lalu tercatat ada 333 Kasek SMA, dan 126 Kasek SMK dan 12 Kasek SLB. Khusus di Palembang, ternyata ada satu Kasek yang belum memiliki NUKS.

“Jika belum memiliki NUKS, maka bersangkutan masih Pelaksana Tugas (Plt). Namun tahun depan jika masih belum mendapatkan NUKS, maka akan diganti,” ujar Emzen.

Dia menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6/2018 tentang penugasan guru sebagai kasek, maka kasek harus memiliki NUKS.

Jika hingga April 2021 belum memiliki NUKS, maka kasek akan segera diganti. Karena NUKS adalah syarat untuk pertanggungjawaban dana BOS. Kementrian Pendidikan memberikan toleransi waktu hingga April 2021 kepada Kasek untuk memiliki NUKS.

“Ya, jika Plt kasek sudah memiliki NUKS, maka kasek akan didefinitifkan,” jelasnya.

Dia melanjutkan total kasek SMA, SMK dan SLB yang dilantik, sekitar 15 persen kasek dipromosikan. Sisanya adalah Kasek yang dirolling, dan didefinitifkan.

Dia mengaku sejak 3 tahun lalu, kewenangan SMA, SMK diserahkan ke Provinsi. Swhingga para kasek yang dilantik mendapatkan SK Gubernur.

“Kasek yang sudah dilantik akan terus dievaluasi lagi. Kami minta kasek tidak berdiam diri saja. Usai menerima SK, kasek harus segera memulai program kerjanya,” terangnya.

Dia mengancam jika selama enam bulan kedepan sekolah yang dipimpin tidak mengalami kemajuan baik dari segi fisik sekolah, mutu siswa, aset sekolah dan mutu pembelajaran, maka kasek siap-siap diganti.

“Kasek adalah penentu keberhasilan sekolah. Disekolah itu ada guru, ada staf dan pegawai lain. Kasek merupakan leader penentu kemajuan sekolah,” akunya. (Ocha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here