Penanganan Karhutla, Kapolres Majalengka : Perlu Sinergitas Semua Pihak

IMG-20200706-WA0056

Majalengka, Sriwijaya Media-Polres Majalengka Polda Jawa Barat melaksanakan apel sinergitas kesiapan pengamanan dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayah Kabupaten Majalengka, bertempat di halaman Apel Mako Polres Majalengka, Senin (6/7/2020).

Dalam upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso memimpin pelaksanaan apel didampingi Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Harry Subarkah, melalui Danyon 321, Forkopimda Kabupaten Majalengka dan pejabat dari unsur TNI dan Polri, pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, serta anggota dari tiap instansi sebagai pasukan apel.

Bacaan Lainnya

Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso dalam amanatnya menyampaikan apel sinergitas kesiapan pengamanan penanggulangan bencana alam karhutla ini merupakan bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana karhutla.

“TNI-Polri dan instansi terkait serius mencegah terjadinya karhutla dengan melakukan kegiatan-kegiatan preventif. Kita juga akan bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan,” terang Kapolres.

Menurut Kapolres, kejadian karhutla merupakan peristiwa yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat dan mengakibatkan gangguan kesehatan, korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis lainnya.

Dalam menangani bencana karhutla, masih kata Kapolres, dibutuhkan kerjasama dan Sinergitas baik antara TNI-Polri, dan terkait serta masyarakat dalam upaya mencegah dan menangani karhutla.

“Melalui apel ini, kami berharap dapat memberikan semangat sehingga petugas bisa memaksimalkan dan menjalankan fungsinya masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap Kapolres.

Usai apel, unsur Forkimpa dan undangan melakukan pengecekan peralatan penanggulangan bencana dan kebakaran diantaranya mesin pompa air, rangsel air, mesin pemadam, watermaster, tabung oksigen beserta masker, jaket anti api, termasuk kendaraan operasional.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Majalengka memberikan bantuan perlengkapan alat taktis pemadam kebakaran berupa 3 (tiga) tron (Water Bag) masing masing 5.000 liter, 50 Pcs rangsel air penanganan karhutla, dan 50 Pcs face shield, genset, oksigen dan perlengkapan penunjang lainnya. Perlengkapan ini diserahkan kepada anggota Satgas Karhutla. (Imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *