Beranda SUMSEL Sampel Limbah Belum Disimpulkan, DLH Banyuasin Klaim Alat Uji Rusak

Sampel Limbah Belum Disimpulkan, DLH Banyuasin Klaim Alat Uji Rusak

84
0
BERBAGI

Banyuasin, Sriwijaya Media – Peralatan laboratorium di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin kondisinya tidak berfungsi atau mengalami kerusakan. Akibatnya, limbah dikirim ke UPTD laboratorium lingkungan DLH Sumsel di Palembang untuk di uji.

Seperti halnya sampel limbah milik PT Sutopo Lestari Jaya (SLJ) Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa yang dilaporkan oleh masyarakat melalui Relawan Jaya Bersatu (RJB) Kabupaten Banyuasin beberapa waktu lalu. Juga terhambat, karena alat uji limbah rusak.

“Sampel limbah PT SLJ yang dilaporkan masyarakat belum dapat disimpulkan, lantaran lab masih rusak,” tutur Noorman Apriansyah Kasi Gakum DLH Banyuasin kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Dia menyembutkan limbah PT SLJ yang di uji keluar kabupaten beberapa jenis paramater seperti COD Dan N Total. Hanya jenis BOD yang bisa diuji oleh lab DLH Banyuasin.

Apabila hasil lab PT SLJ nanti terbukti ada masalah dan mencemari lingkungan, masih kata dia, maka pihaknya meminta agar diberikan sanksi sesuai prosedur dan peraturan berlaku.

Menurut dia, ada tiga tahapan sanksi yang akan dikenakan apabila terbukti melanggar, mulai dari teguran tertulis, paksaan hingga pembekuan izin.

“Mudah-mudahan hasil lab sudah keluar, dan kami menunggu verifikasi dari Kepala DLH,” ujarnya.

Ketua RJB Banyuasin Iswandi meminta agar DLH Banyuasin dapat transparan terhadap hasil sampel limbah yang diuji di laboratorium sesuai dengan parameter baku mutu air limbah.

“Kami sangat yakin perusahaan CPO tersebut diduga mencemari sungai gasing dampak limbah perusahaan menyebabkan air sungai pekat dan bau,” tutur Iswandi.

Iswandi berharap pemerintah jangan memanfaatkan situasi yang berimplikasi merugikan masyarakat. Karena limbah yang mencemari Sungai Gasing secara kasat mata sudah jelas.

“Kalau memang alat lab rusak, mengapa tidak dari awal sampaikan, jangan masyarakat menunggu lama hasilnya,” tandasnya.(indra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here