Beranda SUMSEL Penyelesaian Pembangunan Jalan Tol Seksi Satu Sampai Seksi Tiga Terkendala Dana

Penyelesaian Pembangunan Jalan Tol Seksi Satu Sampai Seksi Tiga Terkendala Dana

275
0
BERBAGI

Palembang, Sriwijaya Media – Pembangunan jalan tol di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mulai dari seksi satu sampai ke seksi masih mengalami kesulitan kucuran dana dari pusat. Saat ini, pihak kontraktor masih melakukan pembangunan di seksi dua.

Demikian dikatakan Deputi Pembangunan Jalan Tol PT Waskita Sriwijaya Tol Yusuf A Rosadi (Yusar), saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (3/4/2020).

Dikatakan Yusar, bahwa untuk pengerjaan jalan tol Kayuagung, Kapal Betung dipercayakan pada PT Waskita Sriwijaya Tol. Untuk seksi kedua, pihaknya akan melaksanakannya setelah dioperasionalkan. Namun sekarang sudah operasional sekitar 29,3 kilometer dari Kayuagung sampai akses Jakabaring.

“Mudah-mudahan bulan Mei akhir atau sebelum Lebaran akan kita fungsionalkan, tapi belum dioperasikan dari Jakabaring sampai Lintas Timur, Simpang Susun Keramasan,” ujarnya.

Kemudian dari Keramasan ke Musi Landas ataupun sampai ke Betung memasuki tahap lanjutan. Setelah sampai Lintas Timur dioperasionalkan.

Kalau seksi satu dari Kayuagung langsung ke akses Jakabaring di Km 359, nanti diperiode selanjutnya dari Jakabaring sampai ke Keramasan atau Lintas Timur Karya Jaya. Lalu dari Karya Jaya langsung ke Betung.

“Untuk progressnya sendiri sudah 95 persen, itu pun sampai Lintas Timur. Untuk seksi dua diperkirakan bulan Mei sudah selesai,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk fasilitas disesuaikan dengan standar jalan tol, dan sudah diadakan uji layak fungsi, uji layak operasi. Bahkan sertifikat layak operasi dan keputusan Menteri sudah ada. Sementara untuk rest area belum ada, kita masih menunggu sekitar 29 kilometer lagi sehingga belum dibangun.

“Dimungkinkan rest area akan dibangun pada seksi berikutnya. Kita masih kekurangan anggaran Rp7 Triliun untuk melanjutkan sampai ke seksi berikutnya,” bebernya.

Lanjutnya, untuk seksi satu dan seksi dua belum dibuka. Seksi kedua dari Km 360 sampai ke Lintas Timur, seksi kedua dari Keramasan ke Musi Landas, dari Musi Landas sampai Betung.

“Untuk seksi dua ada dua gerbang, diantaranya satu disini dan satunya ada di Jejawi. Ppintu tolnya ada 4, satu tetap untuk golongan dua atas, satunya untuk golongan satu, dan itu ada dua sisi arah,” tegasnya.(ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here