Beranda SUMSEL Sepeda Ontel Buatan Inggris Tahun 1940, Koleksi Terbaru Museum Balaputra Dewa

Sepeda Ontel Buatan Inggris Tahun 1940, Koleksi Terbaru Museum Balaputra Dewa

95
0
BERBAGI

Palembang, Sriwijaya Media – Koleksi barang antik di Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputra Dewa makin bertambah.

Kali ini, Sirudin (78), pensiunan pejaga sekolah Kabupaten Banyuasin ini menyerahkan satu unit sepeda ontel buatan Inggris tahun 1940 warna hitam ke Kepala Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa, Chandra Amprayadi, Selasa (24/3/2020).

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa, Chandra membenarkan ada warga Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang datang ke museum menghibahkan koleksi sepeda ontel antik.

“Setelah kami teliti dari internet, sepeda itu kemungkinan produksi Inggris keluaran tahun 1940-an. Onderdilnya masih sangat orisinal. Hanya saja, tempat duduk sudah diganti lantaran dimakan usia. Kami mengambil langsung ke rumah bersangkutan. Setelah melakukan pembicaraan, kami sempat berfoto untuk dokumentasi dan penandatanganan berita acara serah terima benda hibah,” ujarnya.

Menurut pengakuan Sirudin, masih kata dia, bersangkutan tergerak menyerahkan sepeda turun temurun itu setelah mendapat masukan dari rekan, tetangga, dan membaca berita di media massa.

“Kita apresiasi langkah beliau menghibahkan sepeda ontel ini ke Museum. Padahal kalau mau dijual, harganya bisa jutaan. Ini bentuk kepedulian warga terhadap benda-benda bernilai sejarah,”jelasnya.

Tidak hanya sepeda ontel, warga yang berniat menyerahkan benda-benda pecah belah bernilai sejarah dapat segera menghubungi Museum Balaputra Dewa.

Atas dedikasi Sirudin menyerahkan sepeda ontel tersebut, pihaknya berencana akan menyerahkan sertifikat penghargaan kepada bersangkutan.

“Sepeda ontel ini menjadi koleksi Museum Balaputra Dewa dan akan dipamerkan ke masyarakat. Sirodin akan dibuatkan profil beserta fotonya, dan akan dipamerkan berikut sepeda ontelnya,” tuturnya.(ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here