Beranda RAGAM PMB 2020, Unsri Buka Tiga Jalur Masuk PT

PMB 2020, Unsri Buka Tiga Jalur Masuk PT

170
0
BERBAGI

Palembang, Sriwijaya Media – Universitas Sriwijaya (Unsri) membuka tiga jalur masuk Perguruan Tinggi (PT) dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ini. Tiga jalur masuk dimaksud SNM, SBM, USN.

Hal demikian dikatakan Rektor Unsri Prof Aniss Saggaf, belum lama ini.

“Kalau USN untuk sekarang ini tetap seperti biasa. Hanya saja ada pembatasan kuota yakni untuk akreditasi A jatahnya sebesar 50 persen, akreditasi B sebesar 35 persen, dan akreditasi C sebesar 5 persen. Kenapa itu dibuat, karena hasil evaluasi dari sebelumnya yang sempat 100 persen ternyata tidak efektif. Semuanya yang daftar ramai, tapi kuota terbatas,” ujar Annis.

Dia mengaku itu merupakan hasil kesepakatan tingkat nasional yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Untuk Unsri sendiri ambil 20 persen SNMBPTN sehingga memberi kesempatan lebih luas bagi anak-anak yang lulus.

Begitu pula untuk daya tampung, saat ini Unsri mencover hingga 6.000 orang, sesuai dengan grate dan aturan dari Kementerian.

“Fakultas yang menjadi favorit dulu adalah dokter. Kini sudah bergeser ke Ilmu Teknologi (IT), dan ekonomi. Urutannya ada 3 fakultas yang menjadi favorit yakni Fakultas IT, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik. Faktor mahalnya cost fakultas kedokteran dan kuota dokter di perkotaan sudah habis mendasari para calon mahasiswa memilih fakultas lain,” jelasnya.(ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here