Beranda OKI MANDIRA 6 Kades Terpilih di Teluk Gelam Dilantik, Ini Pesan Wabup Shodiq

6 Kades Terpilih di Teluk Gelam Dilantik, Ini Pesan Wabup Shodiq

453
0
BERBAGI

Kayuagung, Sriwijaya Media – Enam kepala desa (Kades) terpilih, hasil Pilkades serentak 2019 Kecamatan Teluk Gelam dilantik langsung Wakil Bupati OKI, HM Dja’far Shodiq, Jumat (24/1/2020). Ini merupakan kecamatan ke delapan yang melaksanakan pelantikan kades di Kabupaten OKI.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) OKI, Hj Nursula S.Sos mengatakan, adapun kades yang dilantik di Kecamatan Teluk Gelam antara lain Abdurrahman SP Kades Mulya Guna, Munadi, SH., Kades Benawa, Siswanto, Kades Bumi Harapan, Ludi Kades Sugih Waras, Jemani Kades Panca Tunggal Benawa dan Widodo Kades Sinar Harapan Mulya.

Dasar pelaksanaan pelantikan kades ini, lanjut Nursula, adalah Undang-Undang No 6/2014  tentang Desa, Peraturan Pemerintah (PP) No 43/2014, sebagaimana telah diubah dengan PP No 47/2015 tentang perubahan atas peraturan No 43/2014 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang No 6/2014 tentang Desa serta
Peraturan Daerah (Perda) No 1/2015 tentang desa.

Tokoh Masyarakat (tomas) Sayadi mengungkapkan, pihaknya sangat berbahagia karena selama ini pelantikan kades tidak pernah dilakukan di desa.

“Ini memang sangat baik karena para pejabat bisa langsung melihat kondisi lapangan dan Wabup OKI juga sempat memberikan sumbangan untuk masjid yang berada di Desa Mulya Guna,” tuturnya.

Wakil Bupati OKI, HM Dja’far Shodiq menambahkan, masyarakat dari delapan kecamatan yang didatangi langsung melakukan pelantikan diklaim sudah paham dengan demokrasi.

Dia berpesan keada camat agar segera memfasilitasi serah terima jabatan kades agar mereka segera bekerja.

“Segera menyusun APBDes karena dalam waktu tiga bulan harus rampung karena desa yang RPJMDes menunjukkan desa itu lebih baik juga,” kata Shodiq.

Dia berharap pula agar kades mengikuti aturan yang ada karena Dana Desa (DD) akan turun tiga tahap. Untuk tahap pertama 40 persen, kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen.

“Untuk itu, tokoh agama harus berperan dalam memberikan masukan kepada para kades,”jelasnya.(luk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here