IPSI OKI Sukses Gelar Kejuaraan Pencak Silat BCP CUP 2019

IMG_20190826_082249

-Jaring Atlet Untuk Porprov 

Kayuagung, Sriwijaya Media- Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sukses menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat IPSI OPEN BCP CUP Kabupaten OKI Tahun 2019.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut digelar Jumat-Minggu (23-25/8/2019) di PT BCP Kebun Bumi Arjo Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI diikuti seluruh perguruan silat yang ada di OKI diantaranya PSHT, Pagar Nusa, Tapak Suci, IKSPI Kera Sakti, Persinas ASAD, Jetkundo, HIMSSI dan Tapak Manunggal berjumlah sekitar 225 peserta.

Kejuaraan pencak silat IPSI OPEN BCP CUP tahun 2019 ini terselenggara berkat kerjasama antara IPSI OKI dan Wilmar PT Buluh Cawang Plantations. Melalui dana CSR PT BCP turut peduli dalam rangka pelestarian seni budaya Indonesia yaitu seni budaya pencak silat. Oleh karena itu PT BCP mewujudkan kepeduliannya terhadap pencak silat melalui event kejuaraan pencak silat.

Ketua IPSI OKI, Agus Masnanto SP., MP., mengatakan, pencak silat sebagai aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri dan aspek olahraga serta warisan budaya bangsa Indonesia dalam perkembangannya telah berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Sebagai warisan leluhur yang bersifat positif, pencak silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika pencak silat diajarkan di usia dini serta kepada generasi muda penerus bangsa demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri.

“IPSI Kabupaten OKI salah satu wadah perguruan pencak silat dan pelestari pewaris budaya. IPSI OKI dengan segenap daya upaya selalu berusaha melestarikan pencak silat baik sebagai seni budaya, olahraga, beladiri kepada lembaga-lembaga pendidikan, generasi muda, dan masyarakat OKI pada umumnya, sehingga dapat terwujud serta dapat membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur tahu benar dan salah, kuat fisik, mental dan spiritual yang mampu menangkal segala pengaruh negatif. Salah satu langkah kongkrit dalam perwujudan hal tersebut dengan menggelar kejuaraan pencak silat IPSI OPEN BCP CUP Kabupaten OKI Tahun 2019,” terang Agus.

Menurut dia, kejuaraan ini selain untuk melestarikan seni budaya bangsa dan kecintaan kepada pencak silat serta dapat mencetak atlet-atlet pencak silat dari seluruh perguruan yang ada di Kabupaten OKI. Serta hasil dari kejuaraan lomba tersebut akan diikutkan sebagai peserta pada kejuaraan pencak silat di tingkat Provinsi Sumsel pada November 2019 mendatang.

“Tentu tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa Indonesia, meningkatkan ketahanan jasmani dan rohani, membina dan pembentukan sikap kepribadian dan rasa cinta generasi muda terhadap budaya bangsa kita sendiri serta mencetak atlet-atlet pencak silat di Kabupaten OKI,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, mempertandingkan berbagai kategori baik dewasa maupun remaja dengan berbagai kelas baik perorangan maupun beregu.

“Wasit juri yang akan bertugas dalam pertandingan ini adalah wasit juri yang berasal dari Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKI, diantaranya wasit juri nasional dan internasional yaitu M Ali Hanafiah, Patoni dan Wandi, S.Pd. Juara umum I, II dan III mendapatkan “tropi dan dana pembinaan,” tandas Agus seraya mengatakan, perlu dukungan dari pemerintah terkait dengan pembinaan cabang olahraga dan seni pencak silat dikabupaten OKI yang saat ini dirasakan sangat minim.

Sementara itu, Taufik, SP., selaku GEM PT Buluh Cawang Plantations merasa sangat senang diberikan kesempatan untuk turut serta peduli terhadap pelestarian seni budaya Indonesia terutama terhadap seni budaya pencak silat.

“Oleh karena itu, melalui dana CSR perusahaan PT BCP menyiapkan dana untuk menyelenggarakan event kejuaraan pencak silat dan untuk tahun 2019 adalah event kejuaraan pencak silat yang ke 4 kalinya serta event ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT RI yang ke 74,” ujarnya.

Ketua Perguruan Pencak Silat PSHT OKI, Supriyanto GT., menyampaikan apresiasi kepada perusahaan PT BCP yang telah turut peduli dan turut serta ikut melestarikan seni budaya terutama pencak silat yang ada di kab. OKI.

Bahkan menjadi agenda tahunan bagi perusahaan untuk melaksanakan event pencak silat di OKI. Semoga melalui kejuaraan ini akan lahir atlet atlet yang berprestasi baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional.

Ketua KONI OKI Muhammad Refly, S.Sos., MM., dalam sambutannya mengatakan mendukung sepenuhnya atas apa yang telah di lakukan pengurus IPSI OKI dalam rangka mencetak atlet atlet yang berprestasi dengan harapan para pesilat dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten OKI.

Pembukaan kejuaraan pencak silat IPSI OPEN BCP CUP tahun 2019 ini dihadiri Ketua KONI OKI, Camat Lempuing, Kapolsek Lempuing, Pimpinan PT BCP, para Ketua Perguruan, Ketua IPSI kecamatan dan tokoh masyarakat sekitar perusahaan.

Hasil Kejuaraan pencak silat IPSI OPEN BCP CUP tahun 2019 telah selesai 25 Agustus 2019 dengan peraih juara umum kontingen dari PSHT Kecamatan Lempuing dengan 9 medali emas, 4 perak, 4 perunggu, disusul kontingen dari PSHT Kecamatan Mesuji Makmur dengan 4 medali emas, 5 perak, 5 perunggu dan peringkat ke 3 kontingen dari PSHT Kecamatan Kayuagung dengan 3 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.(abu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *