Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Ini Dua Titik Lokasinya

IMG_20190730_203243

Jakarta, Sriwijaya Media-Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan.

Hal demikian disampaikannya usai menghadiri kegiatan sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang digelar di Hotel Shangrila Surabaya, Senin (29/7).

Bacaan Lainnya

Namun, pihaknya belum mau menyebutkan provinsi mana di Pulau Kalimantan yang bakal dipilih presiden untuk menjadi titik lokasi ibu kota baru.

“Ya, keputusan ini akan segera diumumkan,” terangnya.

Diketahui, Jokowi menyampaikan bahwa usulan pemindahan ibu kota tak hanya sekedar wacana. Hal itu sampaikan Jokowi kepada Bappenas pada 10 Juli 2019 lalu.

Terkait lokasi mana di Kalimantan, terdapat dua titik lokasi ibu kota baru. Yakni pertama di Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Untuk membangun ibu kota baru ini dibutuhkan lahan seluas 40.000 hektar. Termasuk kebutuhan anggaran pindah ibu kota sekitar Rp446 triliun.(jay/rel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *