Beranda RAGAM Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Ini Dua Titik Lokasinya

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Ini Dua Titik Lokasinya

119
0
BERBAGI

Jakarta, Sriwijaya Media-Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan.

Hal demikian disampaikannya usai menghadiri kegiatan sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang digelar di Hotel Shangrila Surabaya, Senin (29/7).

Namun, pihaknya belum mau menyebutkan provinsi mana di Pulau Kalimantan yang bakal dipilih presiden untuk menjadi titik lokasi ibu kota baru.

“Ya, keputusan ini akan segera diumumkan,” terangnya.

Diketahui, Jokowi menyampaikan bahwa usulan pemindahan ibu kota tak hanya sekedar wacana. Hal itu sampaikan Jokowi kepada Bappenas pada 10 Juli 2019 lalu.

Terkait lokasi mana di Kalimantan, terdapat dua titik lokasi ibu kota baru. Yakni pertama di Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Untuk membangun ibu kota baru ini dibutuhkan lahan seluas 40.000 hektar. Termasuk kebutuhan anggaran pindah ibu kota sekitar Rp446 triliun.(jay/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here