Aksi Donor Darah PMI OKI Terealisasi 45 Kantong

Aksi Donor Darah PMI OKI Terealisasi 45 Kantong
Salah satu pendonor mendonorkan darahnya di markas PMI OKI, Rabu (24/5)

KAYUAGUNG- Jelang Ramadan 1438 Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKI melakukan aksi sosial melalui program donor darah. Tercatat hingga Rabu (24/5) siang sudah 45 kantong darah yang terkumpul.

Bacaan Lainnya

Sekretaris PMI OKI Sirni Lestari menegaskan bahwa untuk kebutuhan darah saat ini relatif mencukupi. Asumsinya rata-rata kebutuhan akan darah mencapai 150 kantong per bulan.

“Tercatat sudah 45 kantong darah yang terkumpul dengan target 150 kantong darah. Kebutuhan darah didominasi berada di kebidanan RSUD Kayuagung, lalu bedah dan lainnya. Persediaan darah paling banyak ada pada golongan darah O, A dan B. Sementara darah yang langka yakni golongan darah AB,” kata Sirni.

Menurut dia, pihaknya sangat rutin melakukan aksi sosial donor darah yang dilakukan sebulan sekali. Bahkan dalam bulan Mei ini saja sudah dilakukan tiga kali aksi donor darah.

“jika memang membutuhkan, kami siap menelpon pendonor untuk mendonorkan darahnya. Semua pendonor terus didata dengan maksud ketika lagi diperlukan mereka siap mendonorkan darah. Asalkan dinyatakan sehat dan layak mendonorkan darah,” tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pendonor, pihaknya memprogramkan umroh. Bagi pendonor yang sudah mendonorkan hingga 100 kali akan mendapatkan pin emas dari Presiden. Begitupun jika telah capai 50 kali diusulkan umroh yang ditanggung APBD Kabupaten OKI.(fian)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *