Beranda OKI MANDIRA Pemkab OKI Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Cakades

Pemkab OKI Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Cakades

165
0
BERBAGI

Kayuagung, Sriwijaya Media- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui RSUD Kayuagung dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Sumsel bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKI melakukan pemeriksaan rohani terhadap ratusan bakal calon kepala desa (Cakades) yang siap bertarung pada 29 November 2019 mendatang.

Tercatat dari 320 bakal Cakades, hanya 290 cakades yang mengikuti pemeriksaan rohani. Sementara sisanya sekitar 30 bakal Cakades absen hadir lantaran sakit.

Pantauan di lapangan, para bakal Cakades ini berbondong-bondong datang ke Kantor BNNK OKI untuk memenuhi persyaratan Pilkades di 102 desa yang akan menggelar pilkades serentak.

Pelaksanaan pemeriksaan tes urine ini berlangsung selama satu pekan kedepan. Bagi bakal Cakades yang absen masih dapat mengikuti pemeriksaan susulan di Kantor Himpsi Palembang.

Persyaratan ini merupakan bagian dari peran Pemkab OKI dalam upaya mendukung pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kabupaten OKI.

Plt Kepala BNNK OKI Kompol H Dwi Handoko SH melalui Kasubag Umum BNNK Efriyadi, mengatakan, tes urine ini dilakukan setiap hari selama sepekan kedepan sesuai jadwal masing-masing desa.

“Hasil tes urine bisa diketahui langsung usai pemeriksaan urine. Surat keterangan hasil tes urine hanya boleh diambil camat masing- masing untuk selanjutnya diserahkan ke panitia Pilkadas tiap desa,” terang Efriyadi, Selasa (10/9).

Selain tes urine, masih kata dia, para bakal Cakades juga akan menjalani pemeriksaan dan wawancara oleh dokter yang sudah ditunjuk.

“Para bakal Cakades dibebankan untuk membeli alat tes urine sendiri,” ucapnya.(abu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here