Beranda OKI MANDIRA Lagi, Warga Cengal Dihebohkan Penemuan Emas Kuno

Lagi, Warga Cengal Dihebohkan Penemuan Emas Kuno

70
0
BERBAGI

Kayuagung, Sriwijaya Media-Warga bermukim di Desa Kuala Sungai Jeruju, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendadak heboh. Pasalnya, warga menemukan titik harta karun yang diduga merupakan peninggalan kerajaan masa silam.

Informasi yang dihimpun dilapangan, penemuan harta karun berupa emas dalam bentuk cincin itu terjadi pada Rabu (21/8), tepatnya di Sungai Serdang, merupakan wilayah operasional PT Bumi Mekar Hijau (BMH), sebuah perusahaan bergerak di bidang perkebunan akasia.

Sebelum penemuan harta karun itu, sebagian warga dengan mrnggunakan alat seadanya menggali kanal yang dibuat PT BMH. Aktivitas menggali kanal bisa dikatakan sudah menjadi  kebiasaan rutin warga setempat. Mengingat area di beberapa desa di Kecamatan Cengal dulunya menjadi jalur perdagangan dari seluruh penjuru.

“Ya, sejak ada warga yang menemukan emas berbentuk cincin, warga lainnya ikut-ikutan menggali mencari emas. Memang lokasi itu dipercaya warga setempat sebagai jalur perlintasan perdagangan di masa lalu,” tutur Renggo, warga Cengal, Kamis (22/8).

Renggo yang merupakan bagian dari tim ekspedisi arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi ini menuturkan, sudah ada beberapa desa di Kecamatan Cengal yang pernah menjadi lokasi penemuan harta karun peninggalan zaman kerajaan.

“Emas yang ditemukan ini asli emas dengan kadar emas cukup tinggi. mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, tim dari BPCB akan turun ke lokasi,” ujarnya.(abu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here