Beranda POLITIK Anggota DPRD OI Prakarsai Tanam Padi di Lahan Tidur 

Anggota DPRD OI Prakarsai Tanam Padi di Lahan Tidur 

37
0
BERBAGI

Indralaya, Sriwijaya Media-Sungguh pemikiran brilian bagi anggota DPRD Ogan Ilir Irwan Noviatra untuk mengelola lahan tidur di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu menjadi lahan produktif.

Hal ini sejalan dengan tekad Bupati Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam menjadikan daerah Bumi Caram Seguguk ini sebagai lumbung beras. Ini terlihat ketika dirinya melakukan pencanangan pemanfaatan lahan tidur  menjadi lahan produktif disetiap wilayah yang ada di Kabupaten OI.

Sebagai pilot projectnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI melalui Dinas Pertanian bekerja sama dengan Sahabat Tani. Salah satunya kelompok tani binaan Irwan Noviatra, asal Tanjung Raja, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu.

Dalam pengelolahannya, para petani berhasil menggarap seluas 500 Hektar lahan tidur atau lahan tidak produktif yang merupakan tanah aset milik masyarakat Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu menjadi sawah cetak tanaman padi unggul.

Diprakasai oleh salah seorang politisi Irwan Noviatra dibantu staf Khusus Bupati OI, Agus Bandrio, lahan sawah cetak tersebut sudah 100% siap ditanam.

Kemudian Kamis (22/8) siang, Bupati OI, HM  Ilyas Panji Alam dan Sejumlah SKPD Pemkab setempat meninjau langsung ke lokasi sekaligus menabur benih padi sebagai tanam perdana di lahan tersebut.

Menurut politisi dari Fraksi Partai Golkar ini, dirinya sejak lama mempunyai gagasan atau impian ingin menghidupkan lahan-lahan tidur di wilayah OI.

“Allhamdulilah akhirnya kini dapat terealisasi.
Semoga apa yang telah kami perbuat ini bisa dapat bermanfaat dan juga bisa menjadi penopang ekonomi bagi masyarakat Desa Burai khususnya, dan juga bagi Masyarakat OI umumnya. Kepada pemerintah, terima kasih atas dukungan dan kepercaayaan menunjuk kami dalam pengelolahannya. Target berikutnya nanti, tidak hanya di Desa Burai, tiap lahan tidur dalam wilayah OI akan kita garap menjadi lahan produktif,” ungkapnya.

Selain menabur benih padi, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam juga meresmikan Rumah Galeri, yang merupakan program CSR dari Pertamina Field Asse II Prabumulih, didampingi A Fujianto, General Manager Pertamina Asset II sekaligus melepas benih ikan di sungai Desa Burai. (hdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here